Kamis, 22 Januari 2015

Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Indonesia

Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Indonesia


Pendidikan di Indonesia pada dewasa ini telah mengalami perubahan dan penyempurnaan, dimana pengetahuan bukan lagi sebagai satu-satunya yang harus dituntut, dipelajari, didalami dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Melainkan pendidikan di Indonesia kini sudah berpusat pada membentuk karakter seseorang agar menjadi watak atau budi pekerti yang baik dan dapat dicontoh oleh semua orang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata karakter sendiri memiliki arti sebagai tabiat/watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Menurut Lickona, karakter berkaitan dengan konsep moral, sikap moral dan prilaku moral. Karakter yang baik akan didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik, dan melakukan perbuatan yang baik. Jadi karakter merupakan watak seseorang yang dapat dibentuk oleh beberapa cara sehingga menciptakan moral dan prilaku yang baik atau buruk tergantung pada cara dan proses saat pembentukan.
Karena karakter merupakan hal yang paling mendasar dan memiliki peran yang penting dalam sebuah perubahan kearah yang baik, maka pendidikan di Indonesia juga perlu menekankan pada karakter siswa agar tercipta moral yang baik dan dapat merubah hal-hal negative. Menurut Lickona, pendidikan karakter adalah segala usaha yang dapat dilakukan untk mempengaruhi karakter siswa atau suatu usaha yang dapat disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.
Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa di Indonesia ini, moral-moral anak bangsa sudah sangat “bobrok”. Mengapa demikian? Karena pada dewasa ini, banyak sekali anak-anak yang masih tergolong pada pelajar/mahasiswa yang melakukan hal tidak terpuji, mulai dari pencurian, pemakai dan pengedar narkoba, pemerkosaan, pelecehan seksual, bahkan pembunuhan. Dari hal yang paling kecil saja, mereka tak jarang bersikap tidak sopan kepada orang tua mereka, guru-guru mereka, atau orang lain yang lebih tua bahkan dengan orang-orang yang sebaja dengan mereka. Sepertinya bersikap sopan saja sulit, bagaimana bisa saling menghormati satu sama lain? Inilah mengapa, pendidikan karakter di Indonesia perlu di “galakkan”. Pendidikan karakter tersebut memiliki beberapa manfaat ,diantaranya:
Dalam lingkungan keluarga, anak akan menjadi pribadi yang hormat dan patuh kepada orangtua atau berbakti kepada orangtua, serta dapat membentuk pribadi yang bertanggungjawab kepada anggota keluarga. Dalam lingkup sosial, anak akan memiliki hubungan yang baik antara tetangga, tenggang rasa, dan jiwa sosial yang baik, serta akan percaya diri untuk tampil aktif dalam organisasi masyarakat. Sedangkan dalam lingkup pemerintahan, anak akan dibentuk menjadi pribadi yang amanah dalam setiap pekerjaan nya, serta dapat menjadi pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat. Itulah sekiranya bebrapa manfaat dari pendidikan karakter yang di berlakukan di Indonesia.
Lalu bagaimana dampaknya terhadap Indonesia sendiri? Jelas, jika karakter anak-anak bangsa Indonesia ini semakin baik dan semakin bermoral, maka Indonesia pun akan menjadi Negara yang lebih baik lagi. Karena sebuah Negara tergantung pada warga Negara nya itu sendiri, ingin seperti apa Negara ini, kuncinya adalah warga negaranya. Jika semua warga negaranya memiliki karakter yang baik, maka Negara ini akan terbebas dari yang namanya koruptor, terorisme, dan hal-hal yang lain yang bersifat buruk. Namun, karakter itu sendiri tidak harus dibentuk oleh lembaga pendidikan ataupun oranglain, melainkan dapat dibentuk oleh diri sendiri dengan kesadaran diri.



Sumber

http://healthy-safe.blogspot.com/2012/08/manfaat-pendidikan-karakter.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar