Konvergensi
dalam Pendidikan
Konvergensi
dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari kata konvergen yang berarti
bersifat menuju satu titik pertemuan. Dimana aliran konvergensi ini merupakan
pertemuan antara aliran empirisme dan aliran nativisme. Aliran ini
menggabungkan pentingnya hereditas dengan lingkungan sebagai faktor-faktor yang
berpengaruh dalam perkembangan manusia, tidak hanya berpegang pada pembawaan,
tetapi juga kepada faktor yang sama pentingnya yang mempunyai andil lebih besar
dalam menentukan masa depan seseorang.
Perintis
aliran ini adalah William Louis Stern (1871-1939), seorang ahli pendidikan
Jerman yang berpendapat bahwa seorang anak dilahirkan kedunia sudah disertai
dengan pembawaan baik maupun buruk. William Stern mengatakan bahwa
kemungkinan-kemungkinan yang dibawa sejak lahir itu merupakan petunjuk-petunjuk
nasib manusia yang akan datang dengan ruang permainan. Itu semua tergantung
pada lingkungan dan perkembangan potensi anak dalam belajar menyikapi
perilakunya agar dapat menjadi lebih baik. Tanpa adanya dukungan lingkungan
yang sesuai untuk perkembangan bakat itu. Sebaliknya, lingkungan yang baik
tidak dapat mengahsilkan perkembangan anak yang optimal kalau memang dalam diri
anak tidak terdapat bakat yang mengembangkan itu. teori William Stern ini
disebut teori konvergensi, sehingga dapat disimpulkan menurut teori ini adalah:
1. Pendidikan
mungkin dilaksanakan.
2. Pendidikan
diartikan sebagai pertolongan yang diberikan lingkungan kepada anak didik untuk
mengembangkan potensi yang baik dan mencegah berkembangnya potensi yang kurang
baik.
3. Yang membatasi
hasil pendidikan adalah pembawaan dan lingkungan.
Pembawaan
masing-masing anak tentu berbeda-beda. Namun bukan berarti kita membiarkan saja
pembawaan itu berkembang tanpa adanya pengawasan dari pihak tertentu seperti
orangtua. Jika dikatakan seorang anak itu sudah membawa sifat baik dan buruk
sejak lahir, maka kita bertugas untuk mengembangkan sifat baik dari si anak
itu. Disinilah juga peran pendidikan diperlukan. Di dalam lembaga-lembaga
pendidikan, anak akan di arahkan menjadi yang lebih baik, akan dikontrol dan di
pantau. Saat ini sudah banyak metode-metode belajar yang berkembang. Metode belajar
ini memiliki peran yang penting untuk mengembangkan pembawaan sejak lahir. Itulah
mengapa pembawaan harus dikembangkan dengan pendidikan pada lingkungan yang
baik agar si anak menjadi baik.
Sumber
https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/11/14/penerapan-aliran-konvergensi-dalam-pembelajaran-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar