Minggu, 25 Januari 2015

Filsafat itu apa sih??

Filsafat itu apa sih??

Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasan Arab فلسفة . Kata filsafat juga diambil dari bahasa Yunani “philosophia” yang terdiri dari 2 kata yaitu philein (mencintai) atau philia (cinta) atau philos (sahabat, kekasih) dan Sophia (kebijaksanaan, kearifan). Sehingga arti harfiahnya adalah seorang “pecinta kebijaksanaan”.  Dalam bahasa Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut “filsuf”. Ada beberapa pendapat tentang filsafat menurut para ahli, yaitu:
1.      Plato: filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada.
2.      Aristoteles: filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda.
3.      Marcus Tullius Cicero: filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha untuk mencapainya.
4.      Immanuel Kant: filsafat adalah ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup didalamnya 4 persoalan, yaitu: (1) apakah yang dapat kita ketahui (dijawab oleh metafisika), (2) apakah yang boleh kita kerjakan (dijawab dengan etika), (3) sampai dimanakah pengharapan kita (dijawab dengan agama), (4) apakah yang dinamakan manusia (dijawab dengan antropologi).
5.      Harold H.Titus: filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan, yang meliputi: (a) suatu sikap tentang hidup dan tentang alam, (b) suatu metode pemikiran reflektif dan penyelidikan berdasarkan akal, (c) suatu perangkat masalah, (d) suatu perangkat teori atau isi pikiran.
6.      James K. Feibleman: filsafat adalah penjelasan yang rasional dari segala yang ada, penjajagan (upaya) terhadap realitas yang terakhir.
7.      Sidi Gazalba: filsafat adalah system kebenaran tentang segala sesuatu yang dipersoalkan secara radikal, sistematik, dan universal.
8.      Harun Nasution: filsafat adalah berpikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tidak terikat tradisi, dogma, atau agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalan.
9.      Fuad Hassan: filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal dalam arti mulai dari radix suatu gejala dari akar suatu hal yang hendak dimasalahkan, dan dengan jalan penjajagan yang radikal filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.
10.  Damardjati Supadjar: filsafat adalah refleksi menyeluruh tenatng segala sesuatu yang disusun secara sistematis, diuji kritis, demi hakikat kebenarannya yang mendalam serta demi makna kehidupan manusia di tengah-tengah alam semesta.
11.  Al-Farabi: filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebebarnya.
12.  Notonegoro: filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah, yang disebut hakekat.
13.  Prof. Mr. Muhamad Yamin: filsafat ialah pemusatan pikiran, sehingga manusia menemui kepribadiannya itu dialaminya kesungguhan.
14.  Rene Descrates: filsafat adalah himpunan dari segala pengetahuan yang pangkal penyelidikannya adalah mengenai Tuhan, alam dan manusia.
15.  Willian James: filsafat adalah suatu upaya yang luar biasa hebat untuk berpikir yang jelas dan terang.
16.  R.F. Beering: filsafat adalah suatu usaha untuk mencapai radix atau akar kenyataan dunia wujud, juga akar pengetahuan tentang diri sendiri.
17.  Sarwoko: filsafat adalah ilmu pengetahuan yang bersumber dari nur cahaya kodrati dan akal budi untuk mencari informasi tentang sebab musaba pertama (azas tertinggi) dari segala sesuatu.
18.  Paus Leo XIII: filsafat tidak berkepentingan untuk mencari kebenaran dengan masing-masing premis atau subjek proposisi bagi sebuah penelitian yang cermat.
19.  Bertrand Russel: filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antar teologi dan sains.
20.  Hasbullah Bakry: ilmu filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang begaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mancapai pengetahuan itu.
Dari sekian banyak pengertian filsafat, saya menyimpulkan bahwa, filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu yang belum kita ketahui bahakan yang sudah kita ketahui sebelumnya.



Sumber

http://dilihatya.com/1747/pengertian-filsafat-ilmu-menurut-para-ahli

1 komentar: